PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSHALL PAIRS KELAS IV MI MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG

LAILATUL MUNAWWAROH, NIM. 09841006 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSHALL PAIRS KELAS IV MI MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSHALL PAIRS KELAS IV MI MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSHALL PAIRS KELAS IV MI MA’ARIF KRICAAN SALAM MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seharusnya dalam proses pemebelajaran bahasa Arab guru dituntut untuk lebih kreatif dengan melibatkan siswa serata dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menariksehimngga akan didikuti peningkatan hasil belajar siswa yang baik pula. Pada kenyataannya guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana kemampuan siswa Kelas IV dalam pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Kricaan Salam Magelang, (2) bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MI Ma’arif Kricaan dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan strategi Practice Real Peer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi npartisipasi siswa yang diambil dari hasi wawancara dengan salah satu siswa, hasil belajar yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, catatan lapangan untuk mencatat keadaaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi practice real peer dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa Kelas IV MI Ma’arif Kricaan Salam Magelang. Hasil ini dapat terlihat dari persentase ketuntasan pada pra tindakan persentase ketuntasan adalah 47,36%, sedangkan pada siklus I menjadi 84,21% dan pada siklus II menjadi 94,73% siswa tuntas belajar di atas KKM yaitu pada pra tindakan 47,73%, sedangkan pada siklus I meningkat 36,85% menjadi 84,21%, pada siklus II meningkat 10,52% menjadi 94,73%. Salam. Kata kunci : Practice Real Peer, bahasa Arab, Hasil Belajar, MI Ma’arif Kricaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Aug 2013 13:55
Last Modified: 27 Jan 2017 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum