IMPLEMENTASI METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SISWA YANG MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH KLIWONAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

SITI MAWALTI, NIM. 09411003 (2013) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SISWA YANG MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH KLIWONAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SISWA YANG MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH KLIWONAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SISWA YANG MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH KLIWONAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca Al Qur’an pada siswa kelas III masih rendah. Setelah dilakukan observasi tidak sampai 50 % siswa SD Muhammadiyah Kliwonan Sidorejo Godean Sleman Yogyakarta mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar karena dari 22 siswa yang baru benar-benar bisa membaca Al Qur’an hanya 2 siswa, sedangkan yang belum bisa membaca Al Qur’an sebanyak 20 siswa. Peneliti mengamati bahwa kemampuan membaca Al Qur’an siswa kelas III SD perlu ditingkatkan. Penelitian tersebut memerlukan metode yang tepat dan akurat dalam memacu siswa dalam membaca Al Qur’an. Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an menggunakan metode iqra’. Dengan metode ini guru memerlukan buku panduan yaitu buku-buku iqra’ yang terdiri dari jilid 1 sampai jilid 6. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Kliwonan Sidorejo Godean Sleman Yogyakarta yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini kemampuan membaca Al Qur’an di kelas III, sedangkan yang melakukan pengamatan selama berlangsungnya tindakan adalah observer yaitu Dewi Setiyati. Penelitian ini dilakukan pada 26 Maret sampai 25 April 2013. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data mengunakan analisis diskriptif kualitatif dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran di sekolah siswa kelas III SD Muhammadiyah Kliwonan Sidorejo Godean Sleman Yogyakarta dilakukan melalui tindakan kelas dengan menggunakan metode iqra’ yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam tiga siklus untuk melihat dan mengidetifikasi perkembangan belajar membaca Al Qur’an siswa. Tindakan kelas tersebut cukup berhasil karena setahap demi setahap siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. 2) Metode iqra bisa meningkatkan kemampuan membaca Al qur’an siswa kelas III SD Muahmmadiyah Kliwonan, Sidorejo, Godean, Sleman, Yogyakarta yang dilakukan melalui tindakan kelas dan dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 3 siklus dan pada tiap siklus ada peningkatan kemampuan dalam membaca Al qur’an dan bisa dikataan berhasil karena bisa diketahui ditiap-tiap siklus, yaitu pada pra siklus terdapat 10 siswa, siklus I sebanyak 15 siswa, siklus II sebanyak 19 siswa, dan siklus III sebanyak 22 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode iqra’ siswa lebih aktif dan terfokus dengan apa yang diajarkan oleh guru, terbukti siswa lebih aktif dan semangat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Aug 2013 10:04
Last Modified: 24 Aug 2018 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum