NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH DI SERIBU OMBAK KARYA ERWIN ARNADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

RIZKY ZAHARA, NIM. 09480068 (2013) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH DI SERIBU OMBAK KARYA ERWIN ARNADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH DI SERIBU OMBAK KARYA ERWIN ARNADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH DI SERIBU OMBAK KARYA ERWIN ARNADA DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RIZKY ZAHARA. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Di Seribu Ombak Karya Erwin Arnada dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah (MI). Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang penelitian pendidikan karakter kini menjadi isu utama pendidikan di negeri ini, selain menjadi bagian dari proses pembentukan karakter anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam membentuk generasi berkualitas. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dibutuhkan karena dekandensi moral terus-menerus yang terjadi pada generasi bangsa dan nyaris membawa bangsa ini menuju kehancuran. Penanaman nilai pendidikan karakter berperan besar dalam pembentukan kepribadian atau karakter seseorang. Penanaman nilai pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui media elekronik seperti televisi, radio,internet tetapi juga dapat melalui media cetak seperti koran, majalah, karya sastra (cerpen, novel). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Rumah Di Seribu Ombak karya Erwin Arnada dan relevansinya bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library search). Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Pemeriksaan keabsahan data ini dengan menambah referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Rumah Di Seribu Ombak karya Erwin Arnada antara lain nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Di Seribu Ombak karya Erwin Arnada dengan anak usia MI (Madrasah Ibtidaiyah) ada kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam novel untuk anak usia MI. Sehingga novel Rumah Di Seribu Ombak karya Erwin Arnada cocok untuk digunakan sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karkater bagi anak usia MI. Kata kunci: pendidikan karakter, novel Rumah Di Seribu Ombak, anak usia MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 09:20
Last Modified: 31 Jan 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum