KONSEP PLURALITAS AGAMA MENURUT KH. ABDURRAHMAN WAHID: PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PUJI SUPRIYATI, NIM. 09470071 (2013) KONSEP PLURALITAS AGAMA MENURUT KH. ABDURRAHMAN WAHID: PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PLURALITAS AGAMA MENURUT KH. ABDURRAHMAN WAHID: PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PLURALITAS AGAMA MENURUT KH. ABDURRAHMAN WAHID: PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PUJI SUPRIYATI. Konsep Pluralitas Agama Menurut Abdurrahman Wahid: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa Indonesia merupakan Negara plural. Didalamnya terdiri dari beribu-ribu pulau, etnis, dan suku bangsa dengan berbagai ciri dan karakter yang sangat beragam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan konsep pluralitas agama menurut Abdurrahman Wahid, 2) untuk mengetahui lebih jauh konsep pluralitas agama Abdurrahman Wahid dalam perspektif pendidikan agama islam. Hasil dari penelitian ini untuk menjadikan rujukan dalam pembangunan kajian teori-teori, sistem, metode, dan kurikulum pendidikan agama Islam yang memerdekakan, mencerdaskan, dan membantu peserta didik yang kritis didalam kemajuan pendidikan agama Islam saat ini dan masa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan ( library research ) . Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder untuk dianalisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-historis. Metode dalam pengolahan data ini menggunakan metode conten analysis. Dengan metode tersebut dapat menangkap dan memahami isi atau subtansi pesan yang terkandung dalam konsep pluralitas agama menurut Abdurrahman Wahid perspektif pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini adalah: ( 1) konsep pluralitas Abdurrahman Wahid adalah nonindeferent, yaitu mengakui dan menghormati keberagaman agama, 3 tiga nilai universal Abdurrahman Wahid dalam pluralitas agama yaitu: ( a ) kebebasan, ( b) keadilan, ( c ) musyaarah sebagai kemaslahatan bangsa. ( 2) konsep pluralitas agama Abdurrahman Wahid: perspektif pendidikan agama islam ( a ) Islam tidak memandang pluralitas sebagai sebuah perpecahan yang membawa kepada bencana, ( b) Islam memandang pluralitas agama sebagai rahmat yang Allah turunkan kepada makhluk-Nya, ( c ) pendidikan agama Islam memberikan kebebasan untuk memilih dan menyakini serta beribadah menurut keyakinan masing-masing, ( d) pendidikan agama Islam dapat memberikan sumbangan pada penumbuhan dan pemupukan sikap toleransi antar umat beragama dan peningkatan kerjasama antar umat beragama dalam menghadapi masalah-masalah sosial yang ada. Kata Kunci: Konsep Pluralitas Agama Abdurrahman Wahid: Perspektif Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 09:48
Last Modified: 28 Jul 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum