PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL HUDA KEBOSUNGU DLINGO BANTUL

NURUDIN, NIM. 09481022 (2013) PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL HUDA KEBOSUNGU DLINGO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL HUDA KEBOSUNGU DLINGO BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS V MI AL HUDA KEBOSUNGU DLINGO BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

NURUDIN “ Penerapan Strategi Jigsaw Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V MI Al Huda Kebosungu Dlingo Bantul”. Skripsi.Yogyakarta : Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang dalam PTK ini adalah adanya berbagai permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran fiqih berlangsung. Permasalahan tersebut antara lain rendahnya tingkat partisipasi dan hasil belajar siswa,di mana salah satu di antara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang tepat dari guru yang bersangkutan. Skripsi ini berupa penelitian tindakan kelas yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan prestasi/ hasil belajar siswa kelas V MI Al Huda Kebosungu Dlingo Bantul pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan taggart dengan alur dua siklus,yang setiap siklusnya terdiri dari kegiatan ; perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi,catatan lapangan,wawancara,metode tes,dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa,dan data hasil belajar siswa. Untuk menganalisa data keaktifan siswa peneliti menggunakan analisis diskriptif kualitatif sedangkan data hasil belajar dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 58.08 dengan persentase hasil belajar sebesar 58% dalam kategori kurang paham dan hanya 2 dari 12 siswa yang sudah mencapai KKM. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 6 orang siswa dengan rata-rata 72.25 dan persentase tingkat pemahaman sebesar 72% atau kategori cukup paham, artinya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 14 % dari siklus I. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 15 % , yaitu dari rata-rata 72.25 pada siklus I menjadi 87.67 atau persentase pemahaman 88% dalam kriteria paham pada siklus II . Siswa yang mencapai ketuntasan 12 orang siswa ( 100 % ) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 79. Begitu juga dengan tingkat aktifitas siswa, dari siklus I ke siklus berikutnya mengalami peningkatan secara signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan keaktifan dan hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan setelah diterapkan strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran fikih di kelas V MI Al Huda .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:55
Last Modified: 02 Sep 2013 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum