UPAYA PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS I MELALUI STRATEGI PELIBATAN BELAJAR LANGSUNG TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI MI MUHAMMADIYAH MACANMATI GIRIMULYO PANGGANG GUNUNGKIDUL

NANIK ERNAWATI, NIM. 09481056 (2013) UPAYA PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS I MELALUI STRATEGI PELIBATAN BELAJAR LANGSUNG TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI MI MUHAMMADIYAH MACANMATI GIRIMULYO PANGGANG GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS I MELALUI STRATEGI PELIBATAN BELAJAR LANGSUNG TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI MI MUHAMMADIYAH MACANMATI GIRIMULYO PANGGANG GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS I MELALUI STRATEGI PELIBATAN BELAJAR LANGSUNG TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DI MI MUHAMMADIYAH MACANMATI GIRIMULYO PANGGANG GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nanik Ernawati, “Upaya Peningkatkan Minat Belajar Matematika Kelas I Melalui Strategi Pelibatan Belajar Langsung Tipe Active Knowledge Sharing Di MI Muhammadiyah Macanmati Girimulyo Panggang Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini mengambil salah satu faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan dan digunakan dikelas, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki kwalitas pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharing pada pembelajaran matematika di kelas I MI Muhammadiyah Macanmati Girimulyo Panggang Gunungkidul, (2) Bagaimana minatbelajar peserta didik kelas I MI Muhammadiyah Macanmati Girimulyo Panggang Gunungkidul setelah pembelajaran matematikamenggunakan strategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharing, (3) Apakahpenggunaanstrategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharingdapatmeningkatkanminatbelajarmatematikapesertadidikkelas I MI MuhammadiyahMacanmatiGirimulyoPanggangGunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: minat belajar peserta didik yang diambil dari hasil obsevasi pada setiap siklus, hasil belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal, aktitivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan minat belajar peserta didik, (2) adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharingdenganhasilpenelitiansebagaiberikut: Siklus I, dalam pembelajaran season I dari 19 anak yang memiliki minat belajar matematika adalah 49,2 % peserta didik dan tingkat keberhasilannya adalah 57,89 % peserta didik. Siklus II, dalam pembelajaran season II dari 19 anak yang memiliki minat belajar matematika adalah 75,97 % peserta didik dan tingkat keberhasilannya adalah 78,94 % peserta didik. Hasil penerapan strategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharing dilapangan berkaitan dengan minat belajar pada anak dalam proses pembelajaran bangun datardi MIM Macanmati Girimulyo Panggang Gunungkidultelahdianggaptuntasdenganhasil 75,97% anak didik berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran dan selebihnya yang 24,03% merupakan anak yang memerlukan perhatian kusus dari tenaga pendidik. Hal ini karena kemampuan anak tergolong rendah. Kata kunci : peningkatan minat belajar matematika dengan strategi pelibatan belajar langsung tipe active knowledge sharing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Sep 2013 08:17
Last Modified: 14 Feb 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum