EKSPERIMENTASI MEDIA PAPAN LIPAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARJAMAH DASAR SISWA KELAS VII A MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

ASYHARUL HUDA, NIM. 09420158 (2013) EKSPERIMENTASI MEDIA PAPAN LIPAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARJAMAH DASAR SISWA KELAS VII A MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PAPAN LIPAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARJAMAH DASAR SISWA KELAS VII A MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PAPAN LIPAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARJAMAH DASAR SISWA KELAS VII A MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Asyharul Huda. Eksperimentasi Media Papan Lipat Dalam Meningkatkan Kemampuan Tarjamah Dasar Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan suatu media pembelajaran yang nantinya dapat mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan tarjamah dasar siswa antara sebelum dan sesudah diterapkannya media serta mengungkapkan kesulitan terjamah yang dialami para siswa kelas VII A MTs N Tempel Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Tempel Sleman. Adapun sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji kelayakan istrumen, teknik yang digunakan adalah uji reliabilitas dan validitas. Persyaratan uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan rumus kolmogorof Smirnov. Sedangkan analisis data yang dipakai, berupa data statistik dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media papan lipat terbukti mampu meningkatkan kemampuan tarjamah dasar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata pretest 74,2069 dan skor rata-rata postest 84,4237 dengan peningkatan yang signifikan sebesar 10,2068, sedangkan kesulitan tarjamah yang dialami siswa kelas VII A antara lain terletak pada kesulitan membaca teks yang tidak berharokat, mencari arti kosa kata sulit dan merangkai kata-kata menjadi kalimat tarjamah yang padu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Sep 2013 15:57
Last Modified: 18 Apr 2017 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum