PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI YAPPI TEGALWERU, TEPUS, TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

NGATIJA, NIM. 09481017 (2013) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI YAPPI TEGALWERU, TEPUS, TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI YAPPI TEGALWERU, TEPUS, TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI YAPPI TEGALWERU, TEPUS, TEPUS GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ngatija. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI YAPPI Tegalweru, Tepus, Tepus, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Metode Diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta minat atau kretifitas dan keaktifan siswa kelas III setelah penerapan Metode tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI YAPPI Tegalweru, Tepus, Tepus, Gunungkidul. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam pengumpulan data, sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik Trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian dalam metode diskusi meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi puisi, yaitu guru menerangkan dengan cara ceramah dalam menyampaikan isi materi puisi tersebut. Sehingga siswa bisa mencermati makna dari isi puisi tersebut. Prestasi siswa dengan diterapkan metode diskusi ditentukan dengan adanya KKM yaitu 6,5 yang ditetapkan MI YAPPI Tegalweru sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun pelajaran 2012 / 2013. Pelaksanaan siklus diantaranya dapat diketahui perolehan prestasi siswa dalam pra siklus masih ada siswa yang mendapat nilai < KKM setelah pembelajaran siklus I Masih 1 siswa yang prestasinya < KKM, setelah siklus II semua siswa sudah mendapat prestasi = atau > KKM. Jadi, penerapan metode diskusi cukup berhasil karena perolehan nilai rata-rata kelas adalah 7,31. Kata Kunci : Metode Diskusi, Meningkatkan Prestasi, Bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Sep 2013 12:06
Last Modified: 14 Feb 2017 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum