FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

RINDANG ARUNTI, NIM. 09480040 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PONJONG GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rindang Arunti. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ponjong Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa MIN Ponjong Gunungkidul dalam mata pelajaran Matematika, dan mendeskripsikan rancangan solusi kegiatan belajar Matematika untuk MIN Ponjong Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Matematika dan siswa kelas V MIN Ponjong Gunungkidul tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 19 orang. Data-data yang dikumpulkan berupa angket, hasil latihan soal, hasil observasi dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan lattihan soal. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan tabel distribusi frekuensi relatif yaitu dengan menghitung seberapa besar persentase hasil angket dan soal yang telah diberikan pada siswa kelas V MIN Ponjong Gunungkidul. Faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V MIN Ponjong Gunungkidul adalah faktor minat siswa yang sangat rendah. Hal ini terbukti berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa faktor minat mempunyai persentase sebesar 39,91%. Selain faktor minat, terdapat juga faktor ketidak fahaman terhadap konsep-konsep matematika seperti menghitung jarak dan kecepatan, luas bangun datar, keliling bangun volume bangun ruang, dan operasi bilangan campuran, hal ini terbukti dengan hasil test yang diberikan kepada siswa, dengan perolehan nilai rata-rata 4,75 pada test pertama dan 5,5 pada test kedua. Rancangan Solusinya adalah memperbanyak latihan soal agar siswa mampu memahami konsep matematika, memberikan reward bagi siswa yang berprestasi, menggunakan media dan alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan, melakukan pendekatan secara pribadi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan, kerjasama orang tua siswa dengan guru untuk menindak lanjuti perlakuan yang dilakukan disekolah. Kata Kunci :Faktor, Prestasi belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Sep 2013 14:58
Last Modified: 14 Feb 2017 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum