PENGAJARAN IMLAK SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM BANTUL TAHUN AKADEMIK 2012-2013

ERNA SOPA AGUS PRIHATIN, NIM. 09420126 (2013) PENGAJARAN IMLAK SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM BANTUL TAHUN AKADEMIK 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN IMLAK SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM BANTUL TAHUN AKADEMIK 2012-2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN IMLAK SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM BANTUL TAHUN AKADEMIK 2012-2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Erna Sopa Agus Prihatin, Pengajaran Imlak Siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Bantul Tahun Akademik 2012-2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengajaran serta masalahmasalah apa saja yang terjadi dalam pembelajaran kitabah (imlak), dikelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putra yang menggunakan metode mubasyaroh wa tatbiq dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar dalam mengatasi masalahmasalah tersebut. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa arab umumnya, dan khususnya di MTs Ibnul qoyyim Putra sebagai tempat dilakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan, dengan subyek penelitian kelas VII MTs Ibnul Qoyyim yang berjumlah ٧٢ siswa, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data (data hasil observasi, hasil wawancara dan hasil dukumentasi). Mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan verifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Arab untuk siswa di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim sangat berbeda dengan sekolah umum biasanya, hal itu karena dalam pengajaran bahasa arab disana diterapkan metode langsung. problematika pembelajaran imlak bahasa arab terdiri dari problematika linguistic, metodologis, dan sosiologis. Adapun problematika linguistic adalah: 1).kesulitan dalam menuliskan huruf-huruf hijaiyyah dalam bentuk yang macammacam: diawal, ditengah, dan diakhir kata jika tidak ada model tulisan. 2) kesulitan untuk membedakan mana huruf-huruf yang bisa disambung dan yang tidak bisa disambung, ketika tidak ada model tulisan.3) kesulitan menuliskan kata yang seharusnya dibaca panjang menjadi dibaca pendek (Mad). Problematika metodologi yang berkaitan dengan tujuan pengajaran, materi pembelajaran, kurikulum, alokasi waktu, tenaga pengajar, siswa, metode, dan media di bidang pengajaran bahasa arab. Dan Problematika sosiologis yang erat kaitannya dengan kebijakan di bidang pengajaran bahasa arab, dan pandangan masyarakat terhadap kedudukan bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Sep 2013 15:16
Last Modified: 20 Apr 2017 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum