KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL)

MUHAMAD IQBAL IHSANI, NIM. 09410217 (2013) KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (REKONSTRUKSI PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Muhamad Iqbal Ihsani. Konsep Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam (Rekonstruksi Pemikiran Muhammad Iqbal). Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan menganalisa dan mendeskripsikan konsep peserta didik (rekonstruksi pemikiran Muhammad Iqbal) dan implikasi konsep tersebut terhadap pendidikan agama Islam. Manusia adalah makhluk yang dianugerahi oleh Allah dengan struktur sempurna yang terdiri atas unsur jasmaniah (fisiologis) dan rohaniah (psikologis). Dalam struktur jasmaniah dan rohaniah itu, Allah memberikan seperangkat kemampuan dasar yang dimiliki kecenderungan berkembang, dalam psikologi disebut potensialitas atau disposisi, yang menurut aliran psikologi behaviourisme disebut prepotence reflexes (kemampuan dasar yang secara otomatis dapat berkembang). Perilaku kekerasan semakin hari semakin nampak, dan sungguh menganggu kehidupan. Hal ini banyak terjadi pada anak-anak yang mengalami kekerasan oleh para guru di sekolah atau orang tua di rumah menjadi obyek pelampiasan amarah, nafsu, atau yang lain. Berangkat dari itulah penelitian ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk merumuskan kembali bagaimana konsep peserta didik yang sesungguhnya sehingga mampu menjadikan sebagai calon-calon pemimpin dunia di masa depan nantinya. Penelitian ini merupakan penelitian literer yaitu dengan mengedepankan dan membangun konsep atau merumuskan sebuah gagasan suatu tokoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis karena bentuk penelitian literer dengan corak analisis tekstual yang berorientasi pada upaya membangun konsep atau memformulasikan suatu ide pemikiran untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Pengumpulan data ini memakai metode kepustakaan (library research) yaitu pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur buku, jurnal, majalah, maupun surat kabar yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep peserta didik dari rekonstruksi pemikiran Muhammad Iqbal mempunyai konsep sebagai berikut: a) sifat dan karasteristik yaitu keberanian, toleransi, faqr (prihatin) dan kreativitas, b) kebutuhan yaitu fisik dan rohani, c) humanis yaitu tauhid dan kenabian (amanat), d) potensi yaitu panca indera, akal, dan intuisi. Konsep peserta didik dari formulasi Iqbal mempunyai implikasi terhadap pendidikan agama Islam, baik itu dari segi tujuan, kurikulum, metode dan evaluasi pendidikan agama Islam. Dengan melihat bahwa tujuan utamanya adalah untuk mencapai spiritual tertinggi maka kurikulum yang didesain harus benar-benar membebaskan peserta didik dalam berkreativitas. Kekuatan tauhid dan amanat menjadi kunci utama untuk menentukan bagaimana metode diterapakan. Tafakkur (berfikir) dan tadzakkur (berdzikir) akan membawa peserta didik untuk dapat lebih mudah memahami segala potensinya. Alhasil evaluasi akan berjalan dengan baik sesuai cita-cita semangat ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:45
Last Modified: 10 Sep 2013 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum