USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMK MA’ARIF 1 SLEMAN YOGYAKARTA

TAUFIQ ARIF MULYADI, NIM. 09410036 (2013) USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMK MA’ARIF 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMK MA’ARIF 1 SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMK MA’ARIF 1 SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TAUFIQ ARIF MULYADI. Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Kepala sekolah harus bisa memberikan kebijakan yang berkenaan dengan masalah yang dihadapi di sekolah. Salah satu contoh masalah yang dihadapi oleh SMK Ma’arif 1 Sleman adalah masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an, usaha kepala sekolah untuk meningkatkan proses pembelajaran Al-Qur’an dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Analisis data dengan metode Miles and Hubberman yang dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Sleman cukup baik, sedangkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an termasuk dalam kategori cukup. (2) Siswa mengalami kesulitan dalam hal: menghafal huruf hijaiyyah, memahami ilmu tajwid, tanda waqof, hukum bacaan mad, dan penerapan makhorijul huruf. (3) Usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran Al-Qur’an di SMK Ma’arif 1 Sleman, dapat diuraikan sebagai berikut: a) memberikan bimbingan kepada siswa untuk senantiasa belajar membaca Al-Qur’an dan memberikan keleluasaan kepada guru untuk melakukan pembelajaran Al-Qur’an di kelas. b) mendorong keterlibatan semua tenaga kependidikan dalam setiap kegiatan yang diadakan sekolah. c) berkoordinasi dengan tenaga kependidikan dalam mengelola administrasi sekolah. d) mengawasi jalannya kegiatan yang telah diprogramkan oleh. e) memimpin bawahannya dengan sebaik mungkin dan memberikan keteladanan yang baik kepada guru. f) membuat kebijakan berupa kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan. g) memberikan motivasi dan arahan kepada para guru untuk mengajar dengan baik. (4) Faktor pendukung usaha kepala sekolah, yakni: tersedianya sarana pembelajaran AlQur’an, adanya dukungan dan partisipasi dari guru, dan adanya lingkungan yang kondusif, dan faktor penghambat yakni: lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf hijaiyyah, kurangnya perhatian orang tua / keluarga, rendahnya minat siswa untuk belajar al-qur’an, dan pergaulan siswa di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Sep 2013 08:58
Last Modified: 24 Aug 2018 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum