PENDEKATAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA

SITI MUJAIAH, NIM. 09470025 (2013) PENDEKATAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siti Mujaiah. Pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro. Skrpisi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengenai pendekatan humanis yang digunakan dalam menyikapi anak jalanan saat kegiatan pendampingan belajar. Diharapkan dengan menggunakan pendekatan humanis Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro dapat menerapkan nilai-nilai Islam kepada anak jalanan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta (3) hasil yang di peroleh dalam proses pembinaan agama Islam di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi yang mengambil latar Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari cara mendampingi anak dampingan ketika belajar tidak otoriter dan tidak memaksan kehendak pendamping. 2) Memiliki lima faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran dan memeiliki lima faktor. 3) hasil dari pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan cukup berhasil. Keberhasilan tersebut terlihat dari beberapa kegiatan pendampingan yaitu: a. Pembinaan ketrampilan dan pengetahuan, b. Pembinaan ibadah, c. Pembinaan adab. Dimana dalam kegiatan tersebut terdapat pemenuhan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan anak jalanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Sep 2013 10:45
Last Modified: 24 Aug 2018 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9237

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum