EVALUASI PROGRAM TAMAN PINTAR YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

MIMI MARYAMI - NIM. 03230029, (2008) EVALUASI PROGRAM TAMAN PINTAR YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

MIMI MARYAMI, Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia adalah dengan terus meningkatkan sarana dan prasarana di bidang pendidikan. Program terbaru yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mendukung proses tersebut salah satunya adalah dengan membangun taman pengetahuan dan teknologi (IPTEK), yang dinamai Taman Pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan program Taman Pintar Yogyakarta dalam mencapai tujuan. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif, dengan menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu metode kuesioner, interview, observasi dan dokumentasi Program secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil, Indikator keberhasilan Program Taman Pintar Yogyakarta dilihat dari beberapa aspek. Pertama dari Context Program., yaitu: (a) Program Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat, 94 orang (94 %) responden menyatakan bahwa rogram Taman Pintar Yogyakarta relevan dengan kebutuhan masyarakat. (b) Program Tepat Sasaran. Jumlah rata-rata pengunjung Taman Pintar Yogyakarta dalam satu bulan adalah sebanyak 323 orang (7 %) anak balita, 2667 orang (56 %) anak-anak dan 1774 orang (37 %) orang dewasa. Dari data tersebut terlihat bahwa rata-rata pengunjung yang paling banyak adalah anak-anak, yaitu mencapai 2667 orang (56 %) setiap bulannya. Hal itu merupakan bukti bahwa program Taman Pintar Yogyakarta tepat sasaran, artinya bahwa program digunakan (dinikmati) oleh obyek yang menjadi sasaran program. Kedua, Input Program yaitu: (a) Pengelola mempunyai skill yang memadai, hal itu ditunjang oleh tingkat pendidikan pengelola yaitu dengan kualifikasi pengelola yang berpendidikan setingkat S2 adalah 3 orang (13%) berpendidikan setingkat S1 adalah 15 orang (65,2 %) berpendidikan setingkat D3 adalah 4 orang (17,3 %), berpendidikan setingkat SMK adalah 1 orang ( 4,3 %). (b)Volunteer Profesional. Rata-rata tingkat pendidikan volunteer adalah sarjana strata satu. Berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, diantaranya adalah volunteer yang menguasai di bidang bahasa adalah 5 orang (11,36 %), di bidang manajemen adalah 5 orang (11,36 %), di bidang hukum adalah 1 orang (2,27 %), di bidang pendidikan adalah 3 orang (6,81 %), di bidang psikologi adalah 4 orang (9,09 %), di bidang MIPA adalah 8 orang (18,18 %), di bidang sosiologi adalah 3 orang (6,81 %), di bidang farmasi adalah 1 orang (2,27 % ), di bidang seni adalah 1 orang (2,27 %), di bidang tata busana adalah 4 orang (9,09 %) dan di bidang teknik adalah 9 orang (20,45 %). (c). Tersedianya Sarana dan Prasarana Pembelajaran, 87 orang (87 %) responden menyatakan sarana dan prasarana yang disediakan mendukung proses belajar dan bermain pada anak, 11 orang (11 %) responden menyatakan sarana dan prasarana yang disediakan kurang mendukung proses belajar dan bermain pada anak dan 2 orang (2 %) responden menyatakan sarana dan prasaran yang disediakan tidak mendukung proses belajar dan bermain pada anak. (d). Ketepatan Metode, 55 orang (55 %) responden menyatakan metode yang digunakan sesuai, 24 orang (24 %) menyatakan metode yang digunakan biasa saja, 9 orang (9 %) menyatakan menyatakan metode yang digunakan tidak menarik dan 12 orang (12 %) menyatakan abstain.Ketiga, Process Program yaitu: (a). Pelaksanaan Program, Program ini mendapat dukungan dari berbagai elemen, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Beberapa pihak yang terlibat diantaranya adalah Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Lingkungan Hidup. Sejumlah pihak swasta yang juga terlibat diantaranya IBM, Cisco Systems, Intel, PT. Excelcomindo Pratama (XL) dan PT. Sari Husada. (b). Kehadiran Pengunjung, 63 orang (63 %) responden pernah berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta lebih dari 3 kali, 11 orang (11 %) responden pernah berkunjung sebanyak dua kali dan 26 orang (26 %) responden menyatakan baru satu kali. (c). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Pengunjung memanfaatkan dengan baik setiap sarana dan prasarana (anjungan-anjungan ilmu pengetahuan) yang disediakan oleh pihak Taman Pintar Yogyakarta, artinya pengunjung aktif (terlibat langsung) sehingga terjadi interaksi antara pengunjung dengan volunteer mengenai nilai atau ilmu yang terkandung dalam setiap anjungan. (d). Respon Masyarakat. Berdasarkan hasil angket yang disebar, 94 orang (94 %) responden menyatakan senang dengan adanya program Taman Pintar Yogyakarta, karena terbantu dalam mengembangkan pengetahuan di bidang sains. Keempat, Product Program. Dalam hal ini product Taman Pintar Yogyakarta bentuk fisik yaitu berupa tersedianya sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan dan tersedianya sarana alternatif wisata sains. Sedangkan keberhasilan atau ketercapaian dalam bentuk non fisik adalah berupa motivasi yang timbul pada anak dan generasi muda dalam mencintai sains serta terbantunya guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains. Untuk mengetahui dari product dari pelaksanaan program Taman Pintar Yogyakarta disebarkan angket kepada 100 orang pengunjung untuk memberi respon sebagai bentuk evaluasi program. Adapun hasil dari penyebaran angket tersebut adalah seperti berikut ini: (a). 94 orang (94 %) responden menyatakan Taman Pintar Yogyakarta dapat memberikan pengetahuan yang lebih mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada anak. (b). Responden menyatakan setelah mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta anak lebih termotivasi untuk belajar dan mencintai ilmu pengetahuan (sains). Selain itu Kehadiran Taman Pintar Yogyakarta juga memberikan alternatif wisata sains bagi masyarakat, 82 orang (82 %) responden menyatakan bahwa kehadiran Taman Pintar Yogyakarta menjadi alternatif wisata sains serta tempat bermain dan belajar untuk anak. 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taman Pintar, Pengembangan SDM
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum