UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL

YUNI ISWANTI, NIM. 09481024 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yuni Iswanti, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Mi Yappi Nglebeng Nglipar Gunungkidul, Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI YAPPI Nglebeng melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Matematika kelas IV MI YAPPI Nglebeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI YAPPI Nglebeng, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah sembilan siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus pertama terdiri atas dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan pada hari senin tanggal 8 April 2013 dan pertemuan kedua dilaksanakan pada hari senin tanggal 15 april 2013. Demikian juga pada siklus kedua terdiri atas dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 22 April 2013 dan pertemuan kedua dilaksanakan pada hari senin tanggal 29 April 2013. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI YAPPI Nglebeng berupa peningkatan nilai rata-rata kelas. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa materi pecahan pada pre test atau pra penelitian hanya mencapai 61,11, Sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,33, setelah mengalami perbaikan pada siklus kedua meningkat menjadi 86,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran nilai pecahan dengan media membagi buah dapat ditingkatkan sehingga guru dan siswa menjadi lebih aktif. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:17
Last Modified: 01 Feb 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum