KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA)

ULFI MASLAKHAH, NIM. 09410291 (2013) KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ULFI MASLAKHAH, Konsep Modernisasi Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (Telaah Pemikiran Azyumardi Azra). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan di era modern harus bisa menjawab tantangan dalam persaingan global. Pendidikan harus bisa mengantarkan peserta didik menuju ke arah kemajuan guna dapat ikut serta dalam perkembangan dunia yang semakin modern. Pendidikan haruslah dimodernisasi sesuai dengan kebutuhan zaman dan agar bisa tetap eksis di kancah arus modernisasi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep modernisasi Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra dan bagaimana relevansi konsep modernisasi Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra terhadap Pendidikan Agama Islam. Dari rumusan masalah tersebut penulis bertujuan untuk mengetahui konsep modernisasi Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra dan untuk mengetahui relevansi konsep modernisasi Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra terhadap PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa teknik content analysis. Hasil penulisan yaitu konsep modernisasi pendidikan Islam Azyumardi Azra meliputi pemikiran tentang modernisasi tujuan, kurikulum dan lembaga Pendidikan Islam. Tujuan Pendidikan Islam sekarang ini harus ada keseimbangan yakni bahagia dunia dan akhirat, serta peningkatan kemampuan dalam bidang IPTEK. Kurikulum Pendidikan Islam perlu dimasuki bidang IPTEK agar nantinya tercipta SDM yang unggul tidak hanya dalam bidang agama namun juga IPTEK. Lembaga Pendidikan Islam juga perlu dikelola secara profesional dan terarah guna pencapaian hasil yang memuaskan dalam pengembangan potensi peserta didik.Konsep modernisasi Pendidikan Islam Azyumardi Azra masih relevan dengan konsep PAI yang terdapat dalam Alquran dan Hadits. Terlihat dari persamaan rumusan tujuan Pendidikan Islam yakni sama-sama menaruh perhatian dalam dua hal yakni kebahagiaan dunia dan juga akhirat sekaligus. Selain itu juga terkait dengan karakteristik pendidikan Islam, baik Azyumardi Azra maupun konsep PAI yang terdapat dalam Alquran sama-sama menaruh perhatian terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 13:51
Last Modified: 24 Aug 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum