PENERAPAN REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN

SUSI ANDRIANI, NIM. 09480089 (2013) PENERAPAN REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN REWARD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III A DI MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Susi Andriani, 2013. Penerapan Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas III A di MIN Tempel Ngaglik, Sleman. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Sekarang ini masih dijumpai guru mengabaikan hal-hal kecil sepertinya kurangnya memberi suatu reward kepada siswa yang berprestasi atau jarangnya memberi pujian kepada siswa dikarenakan guru lebih fokus pada materi yang akan disampaikan. Reward adalah alat pendidikan yang menyenangkan. Reward bukan hanya hadiah melainkan dengan pujian, penambahan angka serta acungan jempol bisa diberikan kepada siswa. Dengan adanya perhatian guru kepada siswa, siswa akan menjadi senang dan juga bisa memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan bintang untuk memacu semangat siswa. Dengan adanya bintang tersebut siswa menjadi merasa dihargai hasil belajarnya dan diakui keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward dan menganalisis penerapan reward untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dikelas III A MIN Tempel Ngaglik, Sleman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) refleksi, subyek penelitian adalah siswa kelas III A berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, keabsahan data dan display data. Hasil penelitian motivasi belajar siswa dengan adanya penerapan reward yaitu dengan menggunakan permen tetapi siswa masih kurang termotivasi sehinga peneliti menggunakan bintang agat lebih bervariasi dan siswa pun menyukai reward tersebut. Dengan adanya reward tersebut siswa menjadi senang dalam pembelajaran IPS, semangat menjawab pentanyaan dari guru, aktif mengikuti pelajaran dan aktif dalam diskusi. Mempersiapkan pelajaran atau belajar dirumah. Hal ini mencerminkan bahwa siswa sudah mulai termotivasi. Selain itu motivasi belajar siswa dari hasil perhitungan angket dari pra tindakan mencapai presentase 67,85%, dalam siklus I mencapai 72,41%, sedangkan dalam siklus II mencapai 77,31%. Hal tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Dari pra tindakan menuju siklus pertama presentase mengalami peningkatan yaitu sebesar 4,56%. Sedangkan dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan 4,90%. Hasil tersebut sudah menunjukkan bahwasanya penerapan reward dalam pembelajaran IPS dikleas IIIA mengalami peningkatan yaitu dari kategoti tinggi dengan presentase 72,41% menjadi kategori sangat tinggi dengan presentase 77,31 %. Kata kunci : Reward, Motivasi Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 14:21
Last Modified: 31 Jan 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum