PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)

SULAEKAH, NIM. 09410216 (2013) PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SULAEKAH. Profesionalisme Guru PAI dalam Mengelola Sumber Belajar (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya pemahaman guru PAI yang selama ini menganggap sumber belajar hanya sebatas buku cetak dan penjelasan guru saja. Sehingga proses pembelajaran berlangsung secara monoton yang menyebabkan timbul kebosanan pada peserta didik. Hal ini akan berpengaruh pada minat dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profesionalisme guru PAI dalam mengelola sumber belajar, mengetahui proses pengelolaan dan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran, kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengelola sumber belajar dan upaya yang dilakukan sekolah dan guru PAI untuk meningkatkan profesionalitas mereka dalam mengelola sumber belajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan pendidikan agama Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan tehnik. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data yang penting kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif-analitik, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) profesionalisme guru PAI dalam hal mengelola sumber belajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman dapat disimpulkan belum professional. Hal tersebut dikarenakan profesionalitas guru PAI dalam mengelola sumber belajar belum dimiliki oleh semua guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. (2) kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengelola sumber belajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati antara lain kurang tersedianya sumber belajar PAI, guru kurang mampu mengoperasikan sumber belajar yang berupa media elektronik, dan kurangnya pemahaman guru PAI mengenai keanekaragaman sumber belajar yang bisa digunakan dalam pembelajaran PAI. (3) upaya-upaya yang dilakukan para guru PAI untuk meningkatkan profesionalitas dalam mengelola sumber belajar antara lain melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diadakan sekolah maupun lembaga di luar sekolah. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah antara lain mengikutsertakan guru PAI dalam penataran yang diadakan oleh LPMP (lembaga penjamin mutu pendidikan) kabupaten Sleman, Kata kunci : profesionalisme guru, mengelola, sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 14:43
Last Modified: 24 Aug 2018 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum