PENINGKATAN MAHARAH KITABAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA 2 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

USWATUN HASANAH, NIM. 09420131 (2013) PENINGKATAN MAHARAH KITABAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA 2 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MAHARAH KITABAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA 2 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MAHARAH KITABAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA 2 MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Uswatun Hasanah. Peningkatan maharah kitabah melalui media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI IPA 2 MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pada maharah kitabah melalui media gambar siswa kelas XI IPA 2 MAN Godean, Sleman, Yogyakarta serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif setelah dilakukannya tindakan tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari tiga siklus dengan melibatkan 22 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPA 2 MAN Godean khususnya pada maharah kitabah. Pembelajaran tersebut terdiri dari tiga tahapan; pertama, kegiatan pendahuluan yang di dalamnya meliputi pemberian motivasi, pre test dan acuan. Kedua, kegiatan inti yaitu kegiatan penyampaian materi oleh guru maupun peneliti, pembentukan kelompok, mengerjakan tugas secara berkelompok kemudian mempresentasikan di depan kelas. Ketiga, kegiatan penutup yaitu siswa mengerjakan post test dan diakhiri dengan salam. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus I untuk pre test yaitu 48,1, pada siklus II menjadi 52,9 dan pada siklus III menjadi 73,4. Selanjutnya untuk rata-rata post test pada siklus I adalah 69,4, pada siklus II menjadi 74,8, dan pada siklus III meningkat menjadi 88,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharah kitabah dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPA 2 MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun ajaran 2012/2013 dalam ranah kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Sep 2013 14:57
Last Modified: 24 Aug 2018 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum