STUDI MISKONSEPSI PEMBELASARAN KIMIA SISWA KELAS II SEMESTER GASAL MAN YOGYAKARTA I TAHUN MARAN 2002/2003

IIN INAYAH, NIM. 98454056 (2003) STUDI MISKONSEPSI PEMBELASARAN KIMIA SISWA KELAS II SEMESTER GASAL MAN YOGYAKARTA I TAHUN MARAN 2002/2003. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI MISKONSEPSI PEMBELASARAN KIMIA SISWA KELAS II SEMESTER GASAL MAN YOGYAKARTA I TAHUN MARAN 2002/2003)
BAB I. V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI MISKONSEPSI PEMBELASARAN KIMIA SISWA KELAS II SEMESTER GASAL MAN YOGYAKARTA I TAHUN MARAN 2002/2003)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian yang berjudul Studi Miskonsepsi Pembelajaran Kimia Siswa Kelas IT Semester Gasal MAN YOGYAKARTA I Tahun Ajaran 2002/2003 ini adatah : (1) Berapa Persentase tingkat miskonsepsi siswa kelas H semester gasal MAN YOGYAKARTA 1 tahun ajaran 2002/2003 dalam mempelajari konsep-konsep Termokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kitriia, (2) Bentuk-bentuk konsep kimia manakah yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa kelas H semester gasal MAN YOGYAKARTA I tahun ajaran 2002/2003 dalam mempelajari konsep-konsep Termokimia, Laju • Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menentukan persentase tingkat miskonsepsi siswa kelas II semester gasal MAN YOGYAKARTA I tahun ajaran 2002/2003 dalam mempelajari konsep-konsep Termokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia, (2) Menentukan bentuk-bentuk konsep kimia yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa kelas II semester gasal MAN YOGYAKARTA I tahun ajaran 2002/2003 dalam mempelajari konsep-konsep Termokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester gasal MAN YOGYAKARTA I tahun ajaran 2002/2003 yaitu sebanyak 6 kelas (252 siswa). Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 121 siswa (3 kelas). Pengambilan sampel ini menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan mengundi kelasnya. Instrumen penelitian berupa soal miskonsepsi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa kuantitatif deskriptif yaitu melalui tabulasi data. Hasii penelitian menyimpulkan : (1) Miskonsepsi pembelajaran kimia siswa kelas II semester gasal MAN YOGYAKARTA I tahu.n ajaran 2002/2003 dalam mempelajari konsep-konsep Terrnokimia, Laju Reaksi, dan Kesetimbangan Kimia berturut-turut sebesar 31,49%, 20,40%, dan 29,02%, (2) Miskonsepsi bentuk konsep klasifikasional, korelasional, dan teoretik berturut-turut sebesar 23,96%, 35,53%, 23,13% untuk konsep Termokimia, 29,25%, 20,24%, 39,17% untuk konsep Laju Reaksi, dan 19,83%, 26,11%, 38,66% untuk konsep Kesetimbangan Kimia. Saran-saran : (1) Periu dilakukan penelitian serupa untuk konsep-konsep kimia yang lain balk konsep yang diajarkan di kelas I, H, ataupun kelas HI, (2) Perlu dilakukan penelitian tentang penyebab miskonsepsi pada siswa, balk faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi siswa dalam pembelajaran kimia, (3) Perlu dilakukan penelitian serupa di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Nov 2013 18:33
Last Modified: 18 Feb 2016 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum