PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MADRASAH DINIYAH PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

YATTI PRISKASARI, NIM. 99414245 (2003) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MADRASAH DINIYAH PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MADRASAH DINIYAH PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MADRASAH DINIYAH PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi Pondok Pesantren Al Munawwir komplek Q yang terjadi saat ini adalah ghirah terhadap pesantren semakin memudar, hal ini dapat dilihat dari aktifitas keseharian santri yang kurang antusia terhadap kegiatan-kegiatan kepesantrenan, seperti sholat berjama’ah (khususnya sholat maghrib, isya’ dan subuh), pengajian Al Qur’an serta pengajian pada Madrasah Diniah yang merupakan kegiatan wajib, maka perlu dilakukan penelitian untuk membahas persoalan tersebut. Adapun tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah: untuk mengetahui motivasi santri belajar di PP Al Munawwir komplek Q Krapyak Yogyakarta, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar santri pada Madrasah Diniyah yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren tersebut. Dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Adapun dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setelah mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) motivasi seseorang masuk pondok pesantren sangat beragam. Dari data yang diperoleh, diketahui 66% santri masuk PP karena keinginan sendiri, 32 % karena kehendak orang tua, dan 2% karena faktor lain. 2) karena keberagaman motivasi, maka beragam pula prestasi yang dicapai oleh santri. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa: santri yang bermotivasi tinggi dan berprestasi istimewa sebayak 6%, motivasi tinggi dan prestasi baik sekali sebanya 12%, motivasi tinggi dan prestasi baik sebanyak 2%, motivasi tinggi dan prestasi cukup sebanyak 4%, tidak ada santri yang bermotivasi tinggi tetapi prestasinya rendah, santri yang bermotivasi sedang, prestasinya istimewa sebanyak 6%, motivasi sedang prestasi baik sekali sebanyak 16%, motivasi sedang,prestasi baik sebanyak 22%, motivasi sedang prestasi cukup sebanyak 2%, motivasi sedang, prestasinya kurang sebanyak 4%, tidak ada santri yang bermotivasi rendah tapi prestasinya istimewa, motivasi rendah, prestasi baik sekali sebanyak 2%, motivasi rendah, prestasinya baik sebanyak 4%, motivasi rendah,prestasinya cukup sebanyak 2 % dan motivasi rendah, prestasi kurang sebanyak 4%. Selain itu berdasarkan penghitungan, diperoleh C (Koefisien Kontingensi) sebesar 0,4336806885 dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Nov 2013 18:36
Last Modified: 13 Dec 2018 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum