PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA.

MISBAKHUS SURURI, NIM. 97413640 (2002) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA.)
BAB I. V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM KELAS AKSELERASI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 3 YOGYAKARTA.)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Pada dasarnya, pendidikan agama itu penting diajarkan baik di sekolah umum maupun sekolah agama atau madrasah untuk semua siswa baik itu yang berkebutuhan khusus, normal maupun siswa yang mempunyai prestasi luar biasa. Hal ini memang mengingat pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia pada dasarnya bersifat religius sebagaimana yang sudah dirumuskan oleh Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Skripsi ini mengkaji tentang pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SMU 3 Yogyakarta, di mana ada satu program khusus untuk para siswa berprestasi tinggi yaitu program percepatan atau akselerasi. Kaitannya dengan pendidikan Agama Islam, ada hal yang menarik untuk dikaji, yaitu bahwa pendidikan Agama Islam tidak bisa dicapai hanya dengan penguasaan kognitif saja, akan tetapi perlu adanya penghayatan (afeksi) serta pengalaman (psikomotor) dalam kehidupan praktis. Di sinila timbul permasalahan baru, apakah dengan percepatan kelas yang notabene menekankan pada penguasaan kognisi, pendidikan agama Islam dapat dilaksanakan dengan optimal? Penelitian ini merupakan penelitian lapanga (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi , dan penyebaran angket. Analisa terhadap data terkumpul menggunakan teknik analisis data deskriptif interpretatif. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan Agama Islam pada program kelas akselerasi di SMU 3 Yogyakarta secara umum sama dengan pelaksanaan pada program umum, baik kurikulum, metode, media maupun alokasi waktu tatap muka. Perbedaannya terletak pada waktu penyelesaian studi. Kedua, bahwa pembelajaran PAI pada program akselerasi dilaksanakan dengan tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga, efektivitas pembelajaran PAI program akselerasi dapat diukur berdasarkan penetapan terhadap prinsip-prinsip akselerasi dalam pembelajaran, yaitu efektivitas mengajar guru (proses),dan efektivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PAI, kelas percepatan (akselerasi), SMU 3 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Nov 2013 09:04
Last Modified: 25 Nov 2013 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum