REPRESENTASI GHIBAH DALAM SINETRON “TUKANG BUBUR NAIK HAJI”

DILA ERZAKIA, NIM. 09210047 (2013) REPRESENTASI GHIBAH DALAM SINETRON “TUKANG BUBUR NAIK HAJI”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI GHIBAH DALAM SINETRON “TUKANG BUBUR NAIK HAJI”)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI GHIBAH DALAM SINETRON “TUKANG BUBUR NAIK HAJI”)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Dila Erzakia. 09210047. Skripsi : “Representasi Ghibah dalam Sinetron Tukang Bubur Naik Haji”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan KalijagaYogyakarta, 2013. Televisi sebagai media massa yang terjangkau selalu menyajikan tayangan yang beragam sesuai dengan keinginan masyarakat. Setiap tayangan yang ada di televisi mempunyai karakteristik masing-masing. Beberapa tahun terakhir tayangan yang bernuansa agama islam diproduksi dan ditayangkan di beberapa stasiun televisi. Salah satu diantaranya adalah sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” yang meraih sukses dan selalu mendapatkan rating tertinggi dibanding dengan tayangan di stasiun televisi lainnya. Hal yang menarik dari sinetron ini adalah konflik yang menarik perhatian penonton dan banyak mengandung pesan dakwah, khususnya tentang ghibah. Perbuatan ghibah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Fenomena ghibah dalam kehidupan sehari-hari ini diceritakan dalam sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” dan konflik-konlik yang terjadi akibat ghibah yang dilakukan tokoh-tokoh dalam sinetron ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana ghibah direpresentasikan melalui tokoh-tokoh dalam dialog dan gambar sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” episode 1-2 dan 312-313. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang ghibah yang digambarkan dalam sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” episode 1-2 dan 312-313 melalui tokoh Haji Muhidin.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif. Peneliti menganalisis tanda yang muncul dalam gambar dan dialog menggunakan analisis semiotikamodel Charles Sanders Pierce, serta mengkalsifikasikannya dalam jenis tanda Pierce yaitu ikon, indeks, dan simbol. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam bentuk tanda ghibah yang direpresentasikan, yaitu ghibah atau mengumpat dengan lugas, ghibah atau mengumpat dengan isyarat, ghibah atau mengumpat dengan do’a, ghibah atau mengumpat dengan pujian, ghibah atau mengumpat dengan kekaguman, dan ghibah atau mengumpat dengan mendengarkan. Jenis tanda yang muncul didominasi oleh ikon dan subklasifikasi ikon tipologis. Pesan tentang ghibah yang disampaikan melalui tokoh-kokoh dalam sinetron “Tukang Bubur Naik Haji” dipersepsi berbeda-beda oleh masyarakat dan mayoritas masyarakat hanya mengetahui ghibah dalam arti membicarakan keburukan orang lain atau yang biasa disebut gosib. Tidak semua masyarakat mengetahui ghibah dan bentuk-bentuk ghibah yang direpresentasikan dalam sinetron ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saptoni, S.Ag., MA
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Nov 2013 14:46
Last Modified: 16 Oct 2015 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum