MUH. FAISAL ISMAIL, NIM. 96473442 (2002) KURIKULUM DAN MODEL PEMBELAJARAN BAGI ANAK KREATIF DAN BERBAKAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (KURIKULUM DAN MODEL PEMBELAJARAN BAGI ANAK KREATIF DAN BERBAKAT)
BAB I. V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (KURIKULUM DAN MODEL PEMBELAJARAN BAGI ANAK KREATIF DAN BERBAKAT)
BAB II. III. IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan pada umumnya adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan masyarakat. Saat ini makin disadari bahwa yang menentukan keberbakatan bukan hanya intelegensi belaka melainkan juga kreativitas dan pengikatan diri terhadap tugas atau motivasi untuk berprestasi. Oleh karena itulah kebutuhan dan kreativitas sangat penting dan begitu mendesak. Dan mengingat begitu pentingnya kreativitas dan keberbakatan dalam mengembangkan prestasi belajar anak, maka sangat diperlukan adanya persiapan-persiapan dalam merangkum dan merencanakan program pengajaran (kurikulum) yang sesuai bagi anak yang mempunyai bakat kreativitas tinggi. Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana proses mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran bagi anak kreatif dan berbakat, dengan fokus kajian tentang bagaimana konsep dan muatan kurikulum bagi anak yang kreatif dan berbakat?, serta bagaimana model pembelajaran yang sesuai dengan bakat dan kreativitas anak? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif analisis dan historis dengan pendekatan kualitatif. Kajian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan antara lain: 1) kurikulum berdiferensiasi merupakan kurikulum yang sesuai untuk perkembangan kemampuan anak berbakat. Kurikulum ini bertujuan memberikan pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual anak. Makna kurikulum berdiferensiasi bagi siswa berbakat adalah menumbuhkan rasa keberhasilan, kepuasan dan tantangan, membuat siswa aktif dan tidak merasa bosan di sekolah sehingga dapat terhindar dari underchievement dan atau putus sekolah. 2) terdapat tiga model yang sangat dominan guna keberhasilan sistem pembelajaran bagi anak berbakat, yaitu: enrichment (pengayaan), acceleration (percepatan) dan ability grouping (pengelompokan kelas berdasarkan kemampuan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak kreatif, anak berbakat, kurikulum berdiferensiasi |
Subjects: | Kependidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 25 Nov 2013 13:39 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 09:20 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9579 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |