BIMBINGAN KELOMPOK GURU BK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013

LUTFI FAISHOL, NIM. 09220067 (2013) BIMBINGAN KELOMPOK GURU BK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK GURU BK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK GURU BK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/ 2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

LUTFI FAISHOL, Bimbingan Kelompok Guru Bk Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun 2012/2013:Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013 Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengindikasikan gejala konsep diri negatif, hal itu ditunjukkan pada saat proses belajar mengajar tidak mau menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal di depan walaupun sebenarnya bisa, mudah terpengaruh mode, suka mengeluh ketika diberi tugas oleh guru, mempunyai kebiasaan mengerjakan tugas asal-asalan dan merasa ragu dalam mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok guru bk dalam meningkatkan konsep diri positif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian guru bk, siswa kelas VIII yang mengikuti bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini adalahPelaksanaan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling dalam upaya meningkatkan konsep diri positif di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilakukan dengan dua model bimbingan yaitu 1) pelajaran bimbingan yang memberikan informasi dan pemahaman pada bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir dengan materi berbasis ajaran islam berdasarkan al-qur’an dan hadist. 2)diskusi kelompok yang membuat siswa dapat berinteraksi, bertukar pikiran, berpersepsi tentang materi atau tema diskusi, dan adanya alternatif pemecahan masalah. Sehingga dengan adanya pelajaran bimbingan dan proses diskusi kelompok kepercayaan diri, penerimaan diri, dan penghargaan diri siswa bisa terbangun. Keyword:Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Casmini M.Si.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2013 15:40
Last Modified: 04 Nov 2015 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum