PENYESUAIAN SOSIAL SISWI BOARDING SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ALI MAKSUM (BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM) YOGYAKARTA

NABELLA DANANIER, NIM. 09220037 (2013) PENYESUAIAN SOSIAL SISWI BOARDING SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ALI MAKSUM (BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENYESUAIAN SOSIAL SISWI BOARDING SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ALI MAKSUM (BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM) YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PENYESUAIAN SOSIAL SISWI BOARDING SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ALI MAKSUM (BILINGUAL-ISLAMIC BOARDING SCHOOL SYSTEM) YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Nabella Dananier. Penyesuaian Sosial Siswi Boarding School SMP Ali Maksum (Bilingual-Islamic Boarding School System) Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan faktor-faktor siswi boarding school SMP Ali Maksum (Bilingual-Islamic Boarding School System) Yogyakarta dalam melakukan penyesuaian sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan yang berfokus pada fenomena yang terpancar dari objek yang diteliti ~enomenologis)M. elalui pendekatan ini, data mengenai penyesuaian sosial siswi boarding school nantinya diinterpretasikan oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah gwu BK, pendamping asrama, serta siswi kelas VII. Sedangkan objeknya adalah penyesuaian sosial siswi itu sendiri, mencakup metode dan faktornya.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Cara yang dipakai untuk menganalisis adalah deskriptif-kualitatiJ: Dengan demikian, hasil penelitian ini mendapatkan bahwa metode penyesuaian sosial siswi kelas VII SMP Ali Maksum (Bilingual-Islamic Boarding School System) Yogyakarta adalah dengan 1) membentuk dan menunjukkan sifat sosial yang baik terhadap kelompok sosial; 2) menggunakan materi yang dimiliki; 3) aktif dalam kegiatan sosial dan tidak memilih-milih teman (bersikap netral); serta 4) memahami posisi sosialnya baik di sekolah maupun di asrama. Kemudian faktor dari penyesuaian sosialnya terbagi menjadi dua, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menentukan berhasil atau tidaknya siswi dalam melakukan penyesuaian sosial, yaitu: 1) penampilan; 2) kemampuan berpikir; 3) sikap; dan 4) kepribadian. Sedangkan faktor eksternal yang paling berpengaruh pada cara siswi dalam melakukan penyesuaian sosial adalah dari pola didik keluarga. Keywords: Penyesuaian sosial, boarding school, SMP Ali Maksum (Bilingual-Islamic Boarding School System) Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian sosial, boarding school, SMP Ali Maksum (Bilingual-Islamic Boarding School System) Yogyakarta.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2013 15:40
Last Modified: 04 Nov 2015 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum