UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI DALAM KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

SINTA DEWI ANGRAINI, NIM. 09220093 (2013) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI DALAM KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI DALAM KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI DALAM KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penerapan bimbingan kelompok yang di latar belakangi rendahnya keaktifan siswa di dalam kelas dalam proses belajar mengajar bimbingan konseling tidak dengan sungguh-sungguh seperti tidak bertanya, menjawab, tidak mendengarkan saat guru menjelasakan, tidak berpartisipasi dalam membahas materi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya yang di lakukan guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dapat memberikan salah satu kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan bimbingan dan konseling serta menjadi konstribusi bagi pengembangan dan kelanjutan terhadap layanan bimbingan khususnya dalam membantu siswa kelas VII SMP untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah satu Guru Bimbingan dan Konseling yaitu Dra. Tuti Widyanti dan 20 siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah upaya atau usaha guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas melalui bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta. Adapun analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta yaitu melalui tahap pembentukan kelompok, tahap peralihan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengakhiran. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data wawancara dan obsevasi terhadap 20 siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok yakni siswa menjadi lebih akti dalam mengikuti bimbingan kelompok seperti bertanya, menjawab, dan berpartisipasi namun tampak bahwa keaktifan siswa paling sulit pada aspek kepercayaan diri dalam mengungkapkan pendapat. Kata kunci: keaktifan siswa dan bimbingan kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Choirudin, S.Pd
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa dan bimbingan kelompok
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2013 15:40
Last Modified: 10 Nov 2015 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum