PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL

MELISA VEBRIANI, NIM. 09680014 (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium pada kelas eksperimen dan metode ceramah pada kelas kontrol, dan variabel terikat berupa hasil belajar biologi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Comal kelas X Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling diperoleh kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan X.5 sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif ditunjukkan dengan uji t-test sig. (2-tailed) senilai 0,001 < taraf signifikansi (0,01) dengan rata-rata sebesar 89,86. Kata Kunci: CIRC, hasil belajar biologi, herbarium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: CIRC, hasil belajar biologi, herbarium
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Dec 2013 15:44
Last Modified: 03 Mar 2016 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum