EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

ANDANG SYAIFUDIN, NIM. 09680017 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran proyek berbasis jelajah alam sekitar (JAS) terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa serta tanggapan siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 2 Banguntapan terhadap penerapan pembelajaran proyek berbasis JAS pada sub materi bryophyta dan pterydophyta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa angket minat belajar siswa di analisis dengan Test Mann-Whitney U, hasil belajar kognitif siswa berupa Pretest dan postest di analisis menggunakan Independent Samples t Test, dan angket tanggapan siswa di analisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran proyek berbasis JAS lebih efektif daripada model ceramah ditinjau dari minat siswa, berdasarkan hasil Test Mann-Whitney U dengan signifikansi sebesar 0,024 (pada tingkat signifikansi 0,05), pembelajaran proyek berbasis JAS lebih efektif daripada model ceramah ditinjau dari hasil belajar siswa, berdasarkan Independent Samples t Test dengan signifikansi 0,048 (pada tingkat signifikansi 0,05), penerapan pembelajaran proyek berbasis JAS pada sub materi bryophyta dan pteridophyta mendapat tanggapan positif terbukti dari hasil analisis deskriptif dengan persentase rata-rata semua aspek memperoleh tanggapan 81,51% dengan kategori baik. Kata Kunci: model proyek, jelajah alam sekitar, minat siswa, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: model proyek, jelajah alam sekitar, minat siswa, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2013 08:38
Last Modified: 02 Mar 2016 16:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum