PENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

AHMAD PITO, NIM. 0747006 (2012) PENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Pengaruh Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Permainan edukatif adalah semua jenis permainan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan dan jenis permainan yang bersifat edukatif demi kepentingan peserta didik. Permainan edukatif disebutkan demikian karena dapat merangsang daya pikir anak. Termasuk diantaranya adalah meningkatkan kemampuan konsentarsi dalam memecahkan masalah. Selain itu juga, mainan edukatif tidak hanya sekedar membuat anak menikmati permainan tapi juga dituntut agar membuat anak untuk teliti dan tekun mengerjakan mainan tersebut. Para ahli psikologi menggunakan sebutan masa kanak-kanak sebagai usia menjelajah, usia bertanya dan usia kreatif. Maka dari itu mainan edukatif sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak, terutama pada usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode permainan edukatif dalam pembelajaran PAI dan kreativitas anak usia dini. Serta mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode permainan edukatif dalam pembelajaran PAI terhadap keativitas anak usia dini di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan metode deduktif. Penulis menggunakan rumus pearson product moment untuk mengetahui pengaruh metode permainan edukatif dalam pembelajaran PAI dan kreativitas anak usia dini PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari Sariharjo Ngaglik Sleman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata pelaksanaan metode permainan edukatif = 58,0 % kemudian nilai rata-rata kreativitas anak usia dini adalah = 50,0 %. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada korelasi positif antara variabel X (pelaksanaan metode permainan edukatif) dan variabel Y (kreativitas anak usia dini) yang mempunyai hubungan cenderung kurang kuat (lemah) yaitu Γry sebesar = 0,442. Adapun nilai Γ dengan nilai N = 20 pada taraf signifian 1% ditemukan = 0,561% sedangkan pada taraf 5% = 0,444%. Adapun hasil pengujian statistik dengan menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai R square diketahui sebesar 0,196. Artinya variasi kreativitas anak usia dini dapat dijelaskan oleh variasi pada penggunaan permainan edukatif sebesar 19,6%. Sedangkan sisanya sebesar 80,4% dijelaskan oleh faktor-faktor selain penggunaan permainan edukatif. Sementara itu dalam uji t diketahui bahwa variabel penggunaan permainan edukatif memiliki nilai t hitung sebesar 2,093 dan signifikansi sebesar 0,051. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (= 1,729), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan permainan edukatif terhadap kreativitas anak usia dini. Sementara itu, nilai signifikansi yang diketahui < 0,05 (nilai kritis pada α = 5%) menegaskan bahwa pengaruh yang diberikan oleh penggunaan permainan edukatif terhadap kreativitas anak usia dini adalah signifikan (nyata).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan, pendidikan, usia dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 24 Jan 2014 14:22
Last Modified: 24 Jan 2014 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum