EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

ERLITA SARI, NIM. 09600014 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick, variabel terikat berupa keaktifan dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest, angket keaktifan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-T dua sampel independen. Hasil uji-T dengan tingkat signifikan 0,05 terhadap data gain angket keaktifan diperoleh nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,000, sehingga H0 ditolak. Artinya data skor gain angket keaktifan kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil uji-T dengan tingkat signifikan 0,05 terhadap data gain hasil belajar diperoleh nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,000, sehingga H0 ditolak. Artinya data skor gain hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Efektivitas, Think Pair Square (TPSq), Talking Stick, Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Think Pair Square (TPSq), Talking Stick, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Jan 2014 09:49
Last Modified: 25 Jan 2016 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum