UPAYA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

FAIZ MUHLIS, NIM. 08410084 (2013) UPAYA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

FAIZ MUHLIS. Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Taribyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemrosotan moral pada semua kalangan, khususnya dalam kalangan peserta didik. Dalam rangka menghasilkan peserta didik yang unggul dan berprestasi, proses pendidikan juga senantiasa dievaluasi dan diperbaiki. Salah satu upaya perbaikan kualitas pendidikan adalah melalui pendidikan karakter. Lingkungan sekolah dapat juga menjadi tempat belajar (pendidikan) yang baik untuk pertumbuhan karakter. Segala macam peristiwa yang terjadi di sekolah semestinya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan deskriptik analitik yaitu mengumpulkan data yang sudah terkumpul. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dalam hal ini, langkah yang dilakukan peneliti dengan membandingkan data hasil pengamatan (observasi), hasil wawancara dan data hasil dokumentasi dengan pengecekan derajat kepercayaan dari sumber data dengan cara yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Yogyakarta dilakukan dengan melalui tahap, yaitu: persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dalam proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan agama Islam terdapat faktor penghambat dan solusi. Faktor pengambatnya meliputi : kurangnya kesadaran dari siswa untuk memahami pendidikan karakter, kurang maksimalnya tenaga pendidik menerapkan pendidikan karakter dalam mengajar, faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Sedangkan solusinya adalah : adanya kesadaran dari peserta didik untuk memahami pendidikan karakter, guru lebih kooperatif dalam pengimplementasian pendidikan karakter, pihak sekolah melakukan kerjasama dengan pihak keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Feb 2014 08:58
Last Modified: 28 Jul 2017 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum