PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB (TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS

ABDUL KHOLIK AL-AYUBI, NIM. 05420062 (2012) PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB (TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abdul Kholik Al-Ayubi. Pemikiran Muhammad Syahrūr dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Bahasa Arab (Telaah Kritis Dalam Perspektif Metodologis), Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan sejak awal sampai sekarang terus mengalami perubahan dan perbaikan. Demikian juga dengan pendidikan bahasa Arab, yang semakin mengarah pada kemodernan. Berbagai problem dalam mengajarkan bahasa Arab antara lain: problem linguistik, metodologis dan sosiologis. Karakter yang khas dari bahasa Arab adalah tidak adanya sinonimitas (‘adam at-tarāduf), artinya masing-masing kata memiliki makna tersendiri. Salah satu tokoh Islam kontemporer yang mengkaji studi keislaman adalah Muhammad Syahrūr. Beberapa alasan mengapa meneliti Muhammad Syahrūr: pertama, Muhammad Syahrūr adalah tokoh Islam kontemporer yang terkemuka di segenap dunia Arab dan khususnya di Syiria; kedua, Muhammad Syahrūr merupakan tokoh yang bisa digolongkan ke dalam seorang yang ahli bahasa (linguis); ketiga, dalam pandangannya tentang bahasa, Muhammad Syahrūr menolak adanya sinonimitas; keempat, latar belakang pendidikan Muhammad Syahrūr yang notabene-nya adalah seorang Tehnik Sipil, yang gemar dengan filsafat, linguistik dan studi al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana pemikiran Muhammad Syahrūr, dan kedua, bagaimana relevansi pemikiran Muhammad Syahrūr terhadap pendidikan bahasa Arab?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analitis-filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, oleh karena itu, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan metode deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, bahwa Muhammad Syahrūr yang notabene-nya merupakan Doktor sekaligus Dosen Tehnik Sipil di Universitas Damaskus, Syiria, beliau juga seorang pemikir Islam yang dikenal “kontroversial”. Keinginannya yang kuat dalam bidang filsafat, linguistik dan studi al-Qur’an telah membawanya sebagai tokoh Islam kontemporer yang disegani. Hal ini terbukti dengan banyaknya karya ilmiah yang telah beliau tulis seperti buku: al-Kitāb wa al-Qur’an; Qirā’ah Mu’āşirah; Dirāsah Islāmiyah Mu’āşirah fī ad -Daulah wa al-Mujtama’; al-Islām wa al-Imān; Manzūmah al- Qiyam; Nahwa Uşūl Jadīdah li al-Fiqh al-Islāmī; Fiqh al-Mar’ah; Tajfīf Manābi’ al-Irhāb. Pemikirannya meliputi teologi, tafsir, fikih, epistemologi, bahasa dan sebagainya. Kedua, bahwa relevansi pemikiran Muhammad Syahrūr terhadap pendidikan bahasa Arab dalam skripsi ini meliputi tiga hal, yaitu: pertama, dimensi dasar dan landasan pendidikan bahasa Arab; kedua, dimensi tujuan pendidikan bahasa Arab; ketiga, dimensi pengajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Feb 2014 15:04
Last Modified: 06 Apr 2017 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum