PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL, NGAGLIK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NISA RAHMAWATI, NIM. 08480075 (2012) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL, NGAGLIK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Nisa Rahmawati, “Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Upaya Peningkatan Kecepatan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III B Di MIN Tempel Ngaglik, Sleman Tahun Pelajaran 2011-2012”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa 1. Kurangnya kecepatan membaca peserta didik kelas III B MIN Tempel Ngaglik, Sleman dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan metode yang tepat dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga berdampak kurangnya kecepatan membaca peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah proses penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kecepatan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan membaca bagi peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. (2) Seberapa besar peningkatan kecepatan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan membaca bagi peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode SQ3R untuk meningkatkan kecepatan membaca peserta didik MIN Tempel Yogyakarta. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan masing-masing siklus satu pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar angket peserta didik, hasil evaluasi belajar peserta didik serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah: (1) kecepatan membaca peserta didik sebelum diterapkannya metode SQ3R adalah sebesar 52%dengan rata-rata kelas 118,81 Kata Per Menit dikatagorikan belum tuntas. (2) Langkah-langkah penerapan metode SQ3R adalah: a) Persiapan, b) penyampaian materi, c) proses pembelajaran, d) penutup. (3) Kecepatan membaca peserta didik kelas III B meningkat pada siklus I dengan perolehan sebesar 70% dengan rata-rata kelas 122,39 kata per menit. Dikatagorikan tuntas. Pada siklus II kecepatan membaca meningkat menjadi 82% dengan rata-rata kelas 133,31 kata per menit. Pada siklus III kecepatan membaca meningkat menjadi 85% dengan rata-rata kelas 139,1514 kata per menit. Kata Kunci: Kecepatan membaca, Bahasa Indonesia, Metode SQ3R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan membaca, Bahasa Indonesia, Metode SQ3R
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 05 Mar 2014 11:59
Last Modified: 19 Jan 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum