NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM SURAT HUD AYAT 42-46 MENURUT TAFSIR AL-QURTHUBI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KELUARGA

HANIK BASYIROH, NIM. 06410010 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM SURAT HUD AYAT 42-46 MENURUT TAFSIR AL-QURTHUBI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KELUARGA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM SURAT HUD AYAT 42-46 MENURUT TAFSIR AL-QURTHUBI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KELUARGA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM SURAT HUD AYAT 42-46 MENURUT TAFSIR AL-QURTHUBI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KELUARGA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini terkait dengan interaksi pendidikan nabi Nuh dengan anaknya yang ada pada surat Hud ayat 42-46. Di dalam surat Hud ayat 42-46 di gambarkan fenomena sejarah, yaitu Nabi Nuh sebagai orang tua yang kurang berhasil dalam mendidik anaknya yaitu Kan’an. Di dalam surat Hud ayat 42-46 ini terdapat nilai-nilai akhlak yang patut dijadikan refrensi bagi orang tua untuk menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada anak sejak kecil. Yang menjadi permasalahan adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam surat Hud ayat 42-46 ini. Selanjutnya agar mendapatkan pembahasan yang lebih mengerucut maka pada penelitian ini difokuskan pada tafsir Al-Qurthubi. Lewat penelitian ini akan dilihat nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam surat Hud ayat 42-46 serta implikasinya terhadap pendidikan akhlak di dalam keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research) dengan sifat penelitian deskriptif-analitis dan menggunakan pendekatan hermeneutik. Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi. Seanjutnya setelah data yang dibutuhkan terkumpul dianalisis dengan metode deduktif-induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) di dalam surat Hud ayat 42-46 terkandung nilainilai pendidikan akhlak anak, di antaranya nilai akidah. Pendidikan akidah merupakan asas kepada pembinaan islam pada diri seseorang. Allah menunjukkan dalam beberapa ayat betapa penting dan mendasarnya pendidikan akidah bagi setiap muslim, terlebih pada kehidupan anak, maka dasar-dasar akidah harus ditanmkan pada anak sejak dini agar setiap perkembangan dan pertumbuhannya senantiasa dilandasi oleh akidah yang benar. (2) penanaman nilai akidah adalah salah satu pondasi yang harus dilakukan orang tua kepada anak sejak dini dan salah satu kunci keberhasilan pendidikan anak adalah tepatnya metode yang diberikan oleh orang tua kepada anak ketika memberikan pendidikan tauhid dalam rangka mengenalkan sang anak kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2014 11:30
Last Modified: 28 Jul 2017 16:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum