UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BADAKARYA KECAMATAN PUNGGELAN BANJARNEGARA

ESTI AFIYANI, NIM. 08480005 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BADAKARYA KECAMATAN PUNGGELAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)

Abstract

Esti Afiyani. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Badakarya Kecamatan Punggelan Banjarnegara. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Badakarya tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 16 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan analisis kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Badakarya pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan yang signifikan. Pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa atau sebesar 50%. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan menunjukkan 63,38 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 30. Pada siklus I siswa yang mamperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 siswa atau sebesar 68,75%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 71 dengan nilai tertinggi 89 dan terendah 50. Pada siklus II ada 16 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM atau sebesar 100%. Nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu menjadi 81,19 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 65. Dengan demikian, penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Muhammadiyah Badakarya Punggelan Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, soal cerita, penggunaan alat peraga
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 08:46
Last Modified: 18 Jan 2017 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum