KORELASI INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA

FATHIMAH KHOIROTINISA, NIM. 06420068 (2012) KORELASI INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Fathimah Khoirotinisa, Korelasi Interaksi Edukatif Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa dan adakah korelasi antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 36 – 42 dengan prosentase 46,87%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan negatif (Rendah, Sangat Rendah). Dengan demikian interaksi edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, cukup baik dengan rata-rata 78,25. (3) Ada korelasi positif dan signifikan antara Interaksi Edukatif (X) dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar (Y) bahasa Arab siswa MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Product Moment melalui program SPSS 15.00 for windows, yaitu diperoleh r hitung sebesar 0,349 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan df= 62, maka diperoleh koefisien korealsi r tabel 0,250 dan 0,325. Dengan ketentuan jika r hitung > r tabel atau 0,366 > 0,250 (5%) dan 0,366 > 0,325(1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada korelasi yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi edukatif, prestasi belajar siswa, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:12
Last Modified: 07 Apr 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum