PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS AL-MUTTAQIEN KARANGANOM KLATEN

M. ASMAUL ZUBER, NIM. 08470032 (2012) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS AL-MUTTAQIEN KARANGANOM KLATEN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

M. ASMAUL ZUBER. Penerapan Metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTs Al-Muttaqien Karanganom Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Salah satu kelemahan proses pembelajaran di antaranya adalah kurangnya variasi dalam metode pembelajaran, sehingga kreatifitas siswa tidak dapat dikembangkan jika guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja, misalnya metode ceramah. Dengan demikian, diperlukan adanya variasi metode pembelajaran, khususnya dalam pelajaran akidah akhlak. Hal ini disadari bahwa mata pelajaran akidah akhlak tidak hanya menyangkut aspek kognitif saja, namun juga aspek afektif. Untuk itu perlu diterapkan metode cooperative learning tipe NHT dalam rangka menumbuhkembangkan motivasi dan prestasi belajar. Permasalahannya, apakah metode cooperative learning tipe numbered head together mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Muttaqien Karanhanom Klaten? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran, yaitu sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 35 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan) dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tingkat motivasi dan prestasi siswa dinyatakan dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, proses pembelajaran akidah akhlak melalui metode cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dapat berlangsung dengan baik dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu pembentukan kelompok (penomoran), mempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, dan memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban. Kedua, adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra-tindakan nilai motivasi belajar dengan rata-rata 29 dan pada siklus I nilai motivasi siswa dengan skor ratarata 30,45 sedangkan pada siklus II nilai motivasi siswa meningkat menjadi dengan skor rata-rata 35,14. Adapun hasil prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Muttaqien Karanganom Klaten diketahui dari hasil pre-test dan post-test. Pada pre-test dengan nilai rata-rata adalah 5,8 dan pada post- test siklus I nilai rata-rata adalah 6,7. Sedangkan pada post-test pada siklus II nilai post-test mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata post-test adalah 8,3.Hasil penelitian yang didasarkan pada analisis statistik uji T didapatkan nilai Sig = 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar akidah akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, numbered head together (NHT), motivasi dan prestasi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:17
Last Modified: 27 Mar 2017 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum