EFEKTIFITAS ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

AGUNG ARIWIBOWO, NIM. 08420129 (2012) EFEKTIFITAS ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Agung Ariwibowo, 08420129, Efektifitas Eclectic Method Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul. Disamping itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana keefektifan penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Subyek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan TU (Tata Usaha). Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknis analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisa deskriptifkualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul secara umum memiliki tujuan agar peserta didik memiliki kemampuan dalam membaca, menyimak, menulis, dan berbicara, menggunakan bahasa Arab sehingga ia dapat memahami teks-teks Arab serta sumber-sumber ajaran Islam yang menggunakan bahasa Arab. Dan penggunaan metode campuran dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI MAN Wonokromo Bantul dapat disimpulkan efektif . efektifitas tersebut terlihat ketika tujuan waktu pembelajaran tercapai, materi dapat disampaikan dengan tepat, ketersediaan media dan waktu pembelajaran yang memadai, serta adanya kondusifitas pembelajaran di kelas. Metode campuran juga memiliki tingkat efektifitas yang signifikan untuk mencapai tujuan kemampuan membaca, menulis, menyimak, berbicara dan memahami teks-teks atau literatur yang berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: electic method, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 09:43
Last Modified: 06 Apr 2017 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum