PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

YUSWATI , NIM 09480006-M (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yuswati,”Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Aktivitas Ekonomi Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Dan Potensi Daerah Di Kelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kedungreja Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012.” Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus dilibatkan secara mental, fisik dan sosial untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru lewat fakta-fakta atau preposisi yang mereka alami dalam kehidupannya. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi penguasaan konsep dasar IPS dan akan berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Di MI Negeri Sidanegara Kedungreja Cilacap proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, keterlibatan peserta didik masih sangat terbatas sehingga peserta didik cenderung pasif, tidak bergairah dan perhatian terhadap materi sangat kurang. Hal ini menyebabkan prestasi belajar IPS masih sangat memprihatinkan. Untuk mengatasi masalah tersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara comperehensip dan integrated yaitu dengan pendekatan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), dengan menggunakan model Kemmis and Taggrat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi peserta didik yang diambil dari lembar observasi keaktifan peserta didik pada setiap siklus, prestasi belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap siklus,aktivitas peserta didik dan guru yang diambil dari lembar observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) peserta didik dapat membangun pengetahuan dan keterampilan baru, (2) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran,(3)adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik di atas KKM 67yang mencapai 87.50% dari jumlah peserta didik kelas IV B MIN Sidanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan CTL prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan meningkatnya Perolehan hasil evaluasi. Secara kuantitatif peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada pra penelitian sebesar 60.83 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 45.83 %. Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 69.58dan persentase ketuntasan belajar sebesar 64.58 %. Pada siklus II rata-rata kelas sebesar 79.79danpersentase ketuntasan belajar sebesar 83.33 %. Dan pada siklus III rata-rata kelas sebesar 83.95 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.50 %. Kata Kunci:Pembelajaran IPS SD/MI, Contextual Teaching and Learning, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:45
Last Modified: 23 Jan 2017 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum