KINERJA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI DAERAH

SUGIYANTO, NIM. 04141973 (2008) KINERJA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI DAERAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KINERJA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KINERJA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (530kB)

Abstract

ABSTRAK SUGIYANTO, 2007 Kinerja Layanan Perpustakaan Keliling Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi , UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kinerja layanan Perpustakaan merupakan faktor yang sangat dominan dalam mendukung ercapainya tujuan dari Perpustakaan. Tujuan dari penelitin ini adalah: (1) untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap kinerja layanan perpustakaan keliling Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang mempengaruhi petugas layanan dalam memberikan layanannya kepada pengguna. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Unit analisis adalah Perpustakaan Keliling Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendeksatan kualitatif dipilih untuk mendapatkan analisis dari aktivitas manajemen perpustakaan keliling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek sebagai informan terdiri dari kelompok masyarakat pengguna dan kelompok petugas layanan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah: (1) Tanggapan masyarakat terhadap kinerja layanan Perpustakaan keliling di Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu: a) Misi kebijakan: respon masyarakat yang positif terhadap misi dan kebijakan pengembangan layanan Perpustakaan Keliling di Yogyakarta, keberadaan perpustakaan keliling sangat mendukung pengadaan buku-buku oleh perpustakaan sekolah di pedesaan, b) Sumberdaya, ketersediaan koleksi buku terbaru yang terbatas, c) tanggapan masyarakat yang positif pada kualitas pelayanan, kegiatan promosi belum efektif yaitu segmen layanan yang masih banyak ke sekolah-sekolah, d) pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat masih rendah (2) Kendala-kendala petugas saat melaksanakan kegiatan layanan di Perpustakaan Keliling Badan yaitu : a) Minat baca masyarakat yang masih rendah, b) anggaran yang terbatas sehingga sulit untuk mengembangkan pelayanan c) sarana kendaraan yang umurnya sudah tua dan jumlah yang kurang mencukupi sehingga frekuensi kunjungan tidak sesuai yang direncanakan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa rekomendasi terhadap pihak Perpusda yaitu perlunya strategi pemasaran sebagaimana organisasi modern, kampanye citra dan informasi komprehensif. ABSTRACT SUGIYANTO, 2007 The Performance of Mobile Library Service of Local Library Bureau of Yogyakarta Province A Bachelor thesis for Library Science and Information Program, State Islamic Univercity Sunan Kalijaga Yogyakarta. The performance of mobile library service is dominant factor to achieve the goals of the library. The purpose of the research is: ( 1) to know the response library users toward the performance of mobile library service of Local Library bureau of Yogyakarta Province, (2) to identify the constraints wich influence the librarians in delivering servives toward users. Research's approach is descriptive-qualitative. Analysis unit is mobile library of local library bureau of yogyakarta province. This research is a qualitative research wich tried to analyze the management activity of mobile library service. Data collected by observation, interview and documentation. The subyek of the research is called as informan consisting library users and staff. Research findings are: (1) The response of library users to the performance of mobile library service is: a) mission and policy: the users response is positif to support of mission and policy to development of mobile library service in Yogyakarta, existence of mobile library for supporting at school library in remote area, b) resource : the negative performance to the availibility of current book collection, c) activity program : in users response to service quality, promotion activity is stiil not effective in many school, d) the usie of mobile library by user is still lower, 2). The constraints of worker to increase the mobile library service is: a) The society enthusiasm to read is lower b) The limited budget to improve service d) the condition of mobile library vehicle is not proper anymore. Based on this research, I suggest some recommendations to improve management: (1) marketing strategy toward modern organization, (2) comprehensive campaign, (3) information and image.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Budiyono, S.IP.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Layanan, Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Daerah Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP
Date Deposited: 15 May 2012 06:08
Last Modified: 24 Mar 2016 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item