STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014

LILIK DWI NUR INDAHSARI, NIM. 10420083 (2014) STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPERIMEN TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TINGKAT PEMULA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lilik Dwi Nur Indahsari, Studi Eksperimen Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Tingkat Pemula di MAN Godean Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan teori kognitif Bruner dalam pembelajaran bahasa Arab) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan teori kognitif Bruner dalam pembelajaran bahasa Arab) pada tingkat pemula di MAN Godean tahun ajaran 2013/ 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang baru pertama kali belajar bahasa Arab di MAN Godean, yang berjumlah 102 peserta didik. Pengambilan sampel diambil dengan tehnik random sampling. Sampel yang dapat peneliti gunakan berjumlah 28 peserta didik, 14 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 14 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, tes, observasi dan wawancara serta metode dokumentasi sebagai pendukung. Pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas dengan cara split-half atau belah dua. Untuk menarik kesimpulan dari tujuan penelitian ini maka peneliti menggunakan uji U Mann- Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen (kelompok yang menerapkan teori kognitif Bruner) dan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menerapkan teori kognitif Bruner) dalam pembelajaran bahasa Arab bagi tingkat pemula di MAN Godean tahun ajaran 2013/ 2014. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelompok eksperimen sebesar 76,07 dan kelompok kontrol sebesar 55. Signifikansi perbedaan hasil belajar tersebut juga ditunjukkan melalui hasil uji U Mann-Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 09:48
Last Modified: 31 May 2017 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum