KEBIJAKAN BUPATI HASAN AMINUDDIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PROBOLINGGO PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH

ACHMAD HASANI AL-MUBAROK, NIM. 09370058 (2014) KEBIJAKAN BUPATI HASAN AMINUDDIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PROBOLINGGO PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN BUPATI HASAN AMINUDDIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PROBOLINGGO PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN BUPATI HASAN AMINUDDIN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PROBOLINGGO PERSPEKTIF SIYASAH MALIYAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penyusun merumuskan pokok masalah bagaimana kebijakan bupati Hasan Aminuddin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Probolinggo. Penelitian ini menggunakan teori Public Policy perspektif siyasah maliyah dan field research adalah jenis penelitian ini yaitu penelitian yang menekankan sumber informasinya dari data yang dipeoleh dari lapangan melalui observasi langsung ke sumber-sumber yang mendukung dalam proses penyusunan karya ilmiyah ini dan didukung dengan buku-buku, kitab fiqih dan literatur yang berkaitan atau relevan dengan objek kajian. Setelah dilakukan penelitian, maka disimpulkan bahwa hasil dari kebijakan Hasan Aminuddin sangatlah tepat sasaran dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Probolinggo. Bupati sebagai kepala pemerintahan di Probolinggo memiliki tiga fungsi penting dalam politik perekonomian, yaitu fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilisasi. Fungsi alokasi yaitu fungsi pemerintah sebagai penyedia barang dan jasa publik, seperti pembangunan jalan raya, jembatan, penyediaan fasilitas penerangan, dan telepon umum. Fungsi distribusi yaitu fungsi pemerintah dalam pemerataan atau distribusi pendapatan masyarakat. Sedangkan fungsi stabilisasi yaitu fungsi pemerintah dalam menciptakan kestabilan ekonomi, sosial politik, hukum, serta pertahanan dan keamanan. Dalam kaitannya dengan kota Probolinggo, bupati Hasan Aminuddin selaku bupati terpilih Probolinggo telah mampu merebut hati masyarakat dengan pencapaian-pencapaian yang cukup membanggakan, karena secara umum pencapaian pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, dunia usaha yang mampu memanfaatkan terbukanya peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Probolinggo sendiri maupun masyarakat luas menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini antara lain tercermin dari besarnya kontribusi sektor pembangunan dalam peningkatan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) pada tahun 2008 diperkirakan mencapai 6 % maupun Income Per Kapita dengan laju inflasi dalam waktu lima tahun kedepan rata-rata sebesar 8 %, maka PDRB per kapita pada 2013 diperkirakan sebesar Rp 16.000.000,00. Pertumbuhan ekonomi di Probolinggo merupakan gambaran aktifitas pereknomian masyarakat Probolinggo yang digunakan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pelaksanaan kurun pembangunan. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Subaidi, S.Ag,. M.Si.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Mar 2014 00:48
Last Modified: 04 May 2016 07:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item