STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN KOLEKSI CETAK DAN NON CETAK BERBASIS WEB PADA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2009-2010

MARHADI SOFIAN, NIM. 08140099 (2014) STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN KOLEKSI CETAK DAN NON CETAK BERBASIS WEB PADA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN KOLEKSI CETAK DAN NON CETAK BERBASIS WEB PADA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2009-2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PEMANFAATAN KOLEKSI CETAK DAN NON CETAK BERBASIS WEB PADA MAHASISWA FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2009-2010)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu institusi di lingkungan perguruan tinggi yang bertujuan memfasilitasi sumber pengetahuan yang diperlukan oleh mahasiswa. Perkembangan teknologi informasi yang begitucepat menjadikan internet sangat dekat dengan kehidupan mahasiswa sehingga kebutuhan informasi dan pengetahuan dapat diperoleh melalui internet. Kedekatan internet pada kehidupan mahasiswa sehari-hari membuat mahasiswa menjadi lebih nyaman untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui dunia internet dibandingkan dengan mengunjungi perpustakaan. Sumber belajar tersebut dapat berupa jurnal on-line, bahan-bahan perkuliahan, informasi-informasi ilmu dan sebagainya yang tersusun dalam bentuk teks, gambar, animasi, video, audio, halaman web, dan program. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi cetak yang terdapat pada perpustakaan mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Angkatan 2009-2010, 2) mengetahui tingkat pemanfaatan referensi on-line melalui internet untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar pada mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Angkatan 2009-2010, dan 3) mengetahui perbedaan pemanfaatan koleksi cetak dan Non cetak pada mahasiswa Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Angkatan 2009-2010. Ketiga tujuan tersebut dirumuskan dalam 3 pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t (t-test) menunjukkan total mean skor tingkat pemanfaatan koleksi cetak sebesar 2,653 dengan standar deviasi sebesar 0,324; total mean skor tingkat pemanfaatan Non cetak sebesar 2,760 dengan standar deviasi sebesar 0,305. Selisih mean dari mean total skor tingkat pemanfaatan koleksicetak dan Non cetak sebesar -0,108. Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung pada uji t (t-test) inisebesar -2,246, pvaluesebesar 0,026 (> 0,025) maka Ho diterima, artinya tidak terdapat perbedaan pemanfaatan koleksicetak dan non cetak berbasis web.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Marwiyah, S. Ag.,SS.,M.LIS
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Mar 2014 18:57
Last Modified: 15 Oct 2015 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum