MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BAHASA ARAB MADRASAHTSANAWIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 /2014

AL KHOIR, NIM. 09420174 (2014) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BAHASA ARAB MADRASAHTSANAWIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 /2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BAHASA ARAB MADRASAHTSANAWIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 /2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BAHASA ARAB MADRASAHTSANAWIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013 /2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sumber belajar yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Mu‟allimat Muhammadiyah Yogyakarta serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pengembangan sumber belajar bahasa Arab untuk terealisasinya tujuan pembelajaran yang efektif.Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi semua pihak akademisi dalam memperbaiki proses pembelajaran dengan tercapainya tujuan dari pembelajaran atau pendidikan, khususnya MTs Mu‟allimat Muhammadiyah dalam mencetak generasi penerus perjuangan dan untuk menghadapi perubahan kurikulum yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Mu‟allimat Muhammadiyah Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan observasi. wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mengkaji data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan menverifikasi data yang lebih mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian dari penelitian menunjukan:1) Manajemen pembelajaran bahsa Arab yang dilaksanakan dapat dilihat dari fungsi manajemen yang dilakukan oleh komite sekolah yaitu: pertama, perencanaan yang meliputi pengadaan sumber belajar, pengaturan dan penggunaan sumber belajar, hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaanya sesuai dengan langkahlangkah dalam perencanaan, yaitu pengadaan sumber belajar meliputi mempelajari kurikulum dan mengadakan analisis materi, mengadakan seleksi sumber belajar dan mencari dana. Kedua, pengorganisasian sumber belajar, pengorganisasian sumber belajar cukup efektif. Ketiga, pengawasan , dalam pelaksanaan pengawasan sumber belajar sangat efektif, karena mulai dilakukan secara terus menerus mulai dari tahap awal perencanaan, pengorganisasian sumber belajar.Dari beberapa faktor penbukung dan penghambat, faktor yang paling mendukung dalam pelaksaan sumber belajar yaitu setting atau lingkungan madrasah yang dapat dikembangkan sehingga siswi dapat lebih optimal dalam terfasilitasi.sedangkan faktor penghambat yang paling dominan yaitu keadaan siswi yang heterogen sehingga siswi tidak seluruhnya dapat memanfatkan semua sumber belajar yang tersedia dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H.Zaenal Arifin M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 May 2014 14:37
Last Modified: 05 May 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item