HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007-2008

RATNO PAMBUDI - NIM. 03440393, (2008) HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007/2008)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007/2008)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hambatan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2007/2008. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga macam metode, yaitu pertama, metode angket dengan mengumpulkan data hambatan belajar siswa dan minat belajar siswa. Kedua, metode wawancara yang digunakan untuk mengetahui materi yang telah disampaikan kepada siswa dan pembagian kelas uji. Ketiga, ujian yang digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar kimia siswa. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum diujikan terhadap kelas yang akan diujikan. Uji selanjutnya adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independensi, dan uji linieritas. Setelah itu dilakukan analisi regresi sederhana dan analsis regresi ganda, yang dilanjutkan mencari sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Dari hasil penelitian didapatkan garis regresi Y = -0,124937X1 + 0,081614X2 + 4,850453. Dari garis regresi linier tersebut didapatkan hubungan yang negatif dan signifikan antara hamabatan belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu sebesar -0,124937, sedang sumbangan relatif dan efektifnya masing-masing adalah 91,524% dan 67,218% terhadap prestasi belajar kimia siswa. Didapatkan juga hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu sebesar 0,081614, sedang sumbangan relatif dan sumbangan efektifnya adalah masing-masing 8,476% dan 6,225%. Dengan X1 adalah hambatan belajar siswa, X2 adalah minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hambatan belajar, Minat belajar, dan Prestasi belajar kimia siswa.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2012 16:22
Last Modified: 18 Feb 2016 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item