PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007-2008

ZEYNIY LAILA MUBAROKAH - NIM. 03450443, (2008) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008)
BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Pekerjaan Rumah (PR) dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest post test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random (acak) yaitu kelas VIII A3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan perlakuan pemberian Pekerjaan Rumah (PR) dan kelas VIII A5 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan perlakuan pemberian Pekerjaan Rumah (PR). Data penelitian berupa hasil pre-test post-test, Pekerjaan Rumah (PR) dan angket perhatian orang tua dianalisis dengan analisis kovarian yang merupakan perpaduan antara analisis regresi (Anareg) dengan analisis varian (Anava). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Biologi yang sangat signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas yang diwujudkan dengan Pekerjaan Rumah (PR) dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan Pekerjaan Rumah (PR). Siswa yang mendapat perhatian orang tua lebih tinggi prestasi belajar Biologinya, dari pada siswa yang tidak mendapat perhatian orang tua. Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) memberikan sumbangan yang lebih besar yaitu 17,47% dari pada perhatian orang tua yang memberikan sumbangan sebesar 5,61% terhadap prestasi belajar Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR),Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Biologi, SMP Muhammadiyah I Yogyakarta
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2012 13:50
Last Modified: 13 Dec 2016 02:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item