PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

RIZKI AGUNG SAMBODO , NIM. 09680036 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis Android untuk siswa Kelas XI SMA/MA, serta mengetahui kualitas produk media pembelajaran m-learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan termodifikasi. Tiga tahap awal pada prosedur pengembangan 4D yang dilalui pada penelitian ini adalah Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan). Media Mobile Learning ini dinilai oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli IT, 2 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi dan 10 orang siswa kelas XI SMA untuk mengetahui tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket check list. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang kembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media kualitasnya Sangat Baik (98,46%), ahli materi menilai Baik (78,46%), ahli IT menilai Sangat Baik (88,89%), peer reviewer menilai Sangat Baik (90,38%), dan guru biologi menilai Sangat Baik (89,92%). Demikian pula hasil tanggapan siswa menunjukan media pembelajaran mobile learning berbasis Android memiliki kualitas Baik (79,71%). Berdasarkan hasil perolehan data menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis Android materi sistem peredaran darah manusia layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Noviar, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Android, Mobile Learning, Media Pembelajaran, Penelitian Pengembangan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Jun 2014 14:54
Last Modified: 07 Mar 2016 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum