PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI PYTHAGORAS

IRWAN ADIWIDIA KURNIA , NIM. 10600001 (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI PYTHAGORAS )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP/MTs PADA MATERI PYTHAGORAS )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika pada materi Pythagoras dengan Metode Group Investigation (GI) untuk memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs yang berkualitas dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika pada materi Pythagoras dengan Metode Group Investigation (GI) untuk memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP/MTs yang disusun terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), kisi-kisi lembar penilaian, lembar penilaian, serta media pembelajaran. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian dalam pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) ini adalah validator ahli atau penilai, guru matematika, dan siswa kelas VIII D SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014, sedangkan data diperoleh dari lembar penilaian SSP dengan metode GI, lembar skala respon guru dan siswa, hasil skor pre-test dan post-test, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian SSP Matematika tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 90,15%. Respon guru terhadap SSP tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 74,5 dari skor maksimal ideal 80 dengan persentase keidealan respon 93,13%. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan SSP mendapat skor rata-rata 49 dari skor maksimal ideal 60 tergolong pada kategori sangat positif dengan persentase keidealan respon 81,67%. SSP ini juga teruji efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test 80,03 dengan persentase ketuntasan 79,41% dengan membandingkan KKM yang berlaku (77) dan memiliki kategori baik. Hasil dari soal post-test berbasis pemecahan masalah yang diperoleh dari SSP ini mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), Group Investigation (GI), pemecahan masalah matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Jul 2014 06:46
Last Modified: 27 Jan 2016 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item