PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL

BAETY MUSTIKA SARI, NIM. 10481014 (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

BAETY MUSTIKA SARI. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap kesiapan menjadi guru professional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi mahasiswa PGMI angkatan 2010 berjumlah 66 mahasiswa. Sampel yang diteliti sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling quota dengan rincian 17 mahasiswa diambil dari kelas A dan 13 mahasiswa diambil dari kelas B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian validitas menunjukkan 30 butir soal angket motivasi belajar mahasiswa (X) dan 27 butir soal angket kesiapan menjadi guru profesional (Y) terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas diketahui bahwa reliabilitas instrumen motivasi belajar mahasiswa = 0,836 dan reliabilitas instrumen kesiapan menjadi guru profesional = 0,864 dan nilai keduanya lebih besar daripada nilai rtabel = 0,334 maka instrumen dinyatakan reliabel. Hasil pengujian prasyarat analisis diketahui hasil uji normalitas pada angket motivasi belajar mahasiswa = 0,931 dan pada angket kesiapan menjadi guru profesional = 0,977 sehingga kedua data dinyatakan berdistribusi normal, hasil uji linearitas = 0,313 sehingga data dinyatakan linear. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat korelasi antara motivasi belajar mahasiswa (X) dengan kesiapan menjadi guru profesional (Y) pada penelitian ini dikategorikan erat dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,724. Persamaan garis regresinya adalah Y = 51,760 + 0,473 X. Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh motivasi belajar mahasiswa (X) terhadap kesiapan menjadi guru profesional (Y) adalah sebesar 52,4 %. Dengan analisis lanjut uji F regresi diketahui F hitung = 30,797 sedangkan F table = 4,20 karena F hitung (30,797) > F table (4,20) dan dengan uji signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan analisis uji t regresi diketahui t hitung = 5,549 sedangkan t table = 2,048 karena t hitung (5,549) > t table (2,048) dan dengan uji signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap kesiapan menjadi guru professional.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Parsetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kesiapan Menjadi Guru, Guru Profesional
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Jul 2014 08:49
Last Modified: 14 Feb 2017 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item